Wednesday, June 27, 2018

Cara Membuat Feedburner untuk Feed Blog

Kali ini saya akan berbagi tips cara membuat akun dari feedburner untuk feed blog. Tips yang dibahas kali ini merupakan tips untuk blogger pemula seperti saya. Sebelum memulai saya akan menjelasakan secara singkat mengenai feedburner.
feedburner
FeedBurner

Apa itu Feedburner?

FeedBunner merupakan sebuah layanan teknologi internet yang salah satunya fungsinya membantu pemilik situs untuk mempromosikan situsnya setiap mereka menerbitkan sebuah artikel, sedangkan RSSFeed bunner (mempersatukan sesuatu menjadi benar-benar mudah) merupakan sebuah teknologi yang di gunakan para blogger untuk melihat atau memperoleh informasi terbaru dari website atau blog yang mereka favorite kan.

Awalnya merupakan layanan tersendiri, namun akhirnya diakusisi oleh Google khusus buat pengguna blogger.

Jika kita melihat pada penjelasan Wikipedia, FeedBurner bisa diartikan sebagai layanan pengelola atau sebuah web based tools yang memberikan kita kemudahan dalam mempromosikan blog secara utuh. Feedburner juga menyediakan sebuah layanan manajemen umpan web (web feed), yang bisa digunakan sebagai alat pengelola untuk blogger yang berbasis web.

Fitur yang terdapat pada feedburner, misalnya alat untuk berlangganan pada situs blog. Alasan mengapa saya menggunakan Feedburner karena pengguna akan diberi kemudahan dalam mempromosikan konten blog agar pembaca lebih mudah untuk melakukan subscribe atau berlanganan dan mempublikasikan feed lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.

Jika masih belum paham silahkan baca juga : Apa itu FeedBurner dan Fungsinya

Nah jika anda sudah paham sedikit mengenai feedburner, sekarang saya akan membagikan cara membuat akunnya. Baiklah kita mulai saja :

1. Pertama kalian harus buka https://feedbunner.google.com/ login menggunakan akun google kalian.
cara daftar feedburner
cara daftar feedburner
2. Kemudian masukan url blog kalian di kotak yang berada di bawah tulisan Burn a Feed lalu klik next.
cara daftar feedburner
cara daftar feedburner
3. Setelah itu kalian pilihlah feed source kalian namun yang biasa saya pake yang atom kemudian klik next.
cara daftar feedburner
cara daftar feedburner
4. Nah disini kalian harus memasukan judul dari feed kalian bebas silahkan kalian masukan sesuai nama blog kalian dan kemudian di bawahnya masukan url feed address kalian, saya sarankan yang mudah di ingat saja supaya di mempersulit kedepannya. url feed address ini akan berfungsi sebagai identitas dari feed blog kalian kemudian klik next.
cara daftar feedburner
cara daftar feedburner
5. Pada langkah ini feed blog kalian sudah jadi klik next untuk memanagement feedburner kalian namun saya sarankan klik skip directly to feed management.
cara daftar feedburner
cara daftar feedburner
6. Nah jika di skip maka tampilannya akan seperti dibawah , di situ terdapat beberapa platform blogging seperti wordpress dan blogger. namun saya menggunakan blogger selanjutnya buka blogger kalian.
cara daftar feedburner
cara daftar feedburner
7. Setelah buka blogger kalian masuk ke setting->other dan cari lah Site feed , selanjutnya copy atau masukan url feed blog kalian kedalam post feed url dan klik Save Settings. Contoh https://feeds.feedbunner.com/haqtips
cara daftar feedburner
cara daftar feedburner
Jika kalian sudah membuat akunnya tersebut maka langkah selanjutnya adalah membuat postingan yang bermanfaat dan juga mencari pelanggan setia atau subscriber untuk membaca postingan anda.

Silahkan baca juga : cara membuat kotak subscriber feed untuk blogger

Semoga bermanfaat postingan kali ini jika masih belum mengerti silahkan tanyakan di comment atau di contact us. Dan jika berkenan silahkan subscribe kami untuk mendapatkan tips blogging yang menarik lainnya.

Load comments