Monday, July 9, 2018

Apa itu Feedburner dan Fungsinya

Pada saat kita setelah memposting artikel apa langkah selanjutnya?. Yup menshare postingan kita agar dibaca oleh orang lain. Tapi bagaimana cara yang tepat supaya kita tidak cape-cape menshare postingan atau artikel kita kemana-mana. Jawaban yang tepat adalah RSS Feed dengan menggunakan FeedBurner. Apa itu FeedBurner?,  Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai FeedBurner dan Fungsinya.
Apa Itu FeedBurner
FeedBurner

Apa Itu FeedBurner ?

FeedBurner merupakan sebuah layanan teknologi internet yang salah satu fungsinya membantu pemilik Situs/Web baik situs web E-commerce maupun sebuah blog untuk mempromosikan situsnya setiap kali mereka menerbitkan sebuah artikel baru.

Sedangkan RSS FeedBurner (menggabungkan sesuatu menjadi benar-benar mudah) merupakan sebuah teknologi yang digunakan para blogger untuk melihat atau memperoleh informasi terbaru dari website atau blog yang mereka Ikuti atau yang di Favorite kan. Awalnya ini merupakan sebuah layanan tersendiri, namun akhirnya diakusisi atau di beli oleh Google khusus buat pengguna blogger.

Jika kita melihat pada penjelasan Wikipedia, FeedBurner bisa kita artikan sebagai layanan pengelola atau sebuah web based tools yang memberikan kita kemudahan dalam mempromosikan blog secara utuh.

FeedBurners juga menyediakan sebuah layanan manajemen umpan web (web feed), yang bisa digunakan sebagai alat pengelola untuk blogger yang berbasis web.

Fitur yang terdapat pada feedburner, misalnya alat untuk berlangganan pada situs blog. Alasan mengapa saya menggunakan Feedburner karena pengguna akan diberi kemudahan dalam mempromosikan konten blog agar pembaca lebih mudah untuk melakukan subscribe atau berlanganan dan mempublikasikan feed lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.

Jika kalian berminat menggunakan layanan FeedBurner silahkan kunjungi : Cara Membuat akun FeedBurner Untuk Feed Blog
Fungsi FeedBurner
RSS FEED

Fungsi FeedBurner

Memang antara FeedBurner dan RSSFeed tidak ada perbedaannya karena memiliki fungsi yang sama, yang membedakan nya hanyalah nama istilahnya, dan juga Fungsinya sebagai berikut :
  1. Memberikan feedback atau umpan balik ke Penulis artikel karena aktivitas membaca yang sudah mereka lakukan, Dan dapat juga meningkatkan kunjungan trafik ke situs/blog yang mereka miliki.
  2. Memberitahukan informasi kepada pembaca atau pelanggan Feed bahwa Penulis artikel telah menerbitkan suatu artikel baru diblog atau situs mereka.
Lalu yang membagi tahu ke si pembaca atau pelanggan bahwa artikel di blog yang mereka favorite kan sudah diterbitkan, padahal mereka tidak mengunjungi situs atau blog tersebut. Terus bagaimana si pemiliki blog menshare artikelnya kesetiap pembaca setia mereka.

Memang semakin majunya teknologi maka semakin mudah kita melakukan sesuatu karena dengan adanya teknologi yang sulit menjadi mudah. Seperti teknologi yang terdapat pada Feed para blogger tidak perlu khawatir, karena masalah tersebut bisa di selesaikan dengan adanya teknologi Feed.

Untuk cara kerjanya, FeedBurner sendiri memiliki dua sisi yaitu, pertama adalah dari sisi pemilik situs yang berperan sebagai penulis atau pembuat artikel, dan yang kedua adalah dari sisi pelanggan atau pembaca yang berperan sebagai pembaca artikel dari pemilik website.

FeedBurner untuk dari sisi pemilik situs jika ingin mendapatkan atau menggunakan layanan feed, Pemilik harus daftar terlebih dahulu untuk mendapatkan layanan widget subscribe.

Layanan tersebut merupakan cara untuk mengatasi masalah yang terdapat sebelumnya yaitu auto share artikel kepada pembaca setia atau pelanggan artikel dari pemilik situs tersebut.

Jika anda berminat ingin menggunakan layanan Feed tersebut Anda bisa mencobanya di feedbuners, tenang anda tidak perlu membayar untuk pendaftarannya alias gratis, karena situs tersebut milik Google.

Untuk membuat akunnya kalian bisa membacanya di postingan sebelumnya yaitu : Cara Membuat akun FeedBurner Untuk Feed Blog

Kalau anda sudah mendaftar carilah di widget FeedBurner untuk mendapatkan widget subscribe tersebut dan biarkan pengunjung untuk mengisi form subscribe dihalaman blog atau website yang anda miliki.

Jika berminat silahkan baca : Cara membuat Form Subscribe di Blog

Semoga bermanfaat deh buat kalian yang sudah baca. Kalo kalian berminat terhadap artikel kami yang lainnya silahkan berlangganan tinggal isi saja form yang ada dibawah untuk berlangganan.

Load comments