Saturday, July 14, 2018

Pengertian SEO dan manfaatnya untuk blog

Bagi yang baru belajar Ngeblog pasti tidak tahu Apa itu SEO(Search Engine Optimization)?. Sebenarnya Apa sih manfaat SEO bagi blog? Kenapa kita harus belajar SEO untuk blog kita.
Pengertian SEO dan Manfaatnya untuk blog
SEO

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan singkatan dari "Search Engine Optimization" yang merupakan sebuah teknik untuk optimasi dan meningkatkan nilai relevan dari sebuah halaman Website supaya meningkatkan rangking keyword atau kata kunci yang di ikuti oleh meningkatnya pengunjung atau trafik dari Search Engine seperti Google atau Bing. SEO pertama kali digunakan pada "26 Juli 1997" oleh sebuah pesan SPAM yang di posting di Usenet.

SEO di lakukan melalui beberapa proses sistematik yang artinya melakukan Teknik SEO yang masuk kedalam beberapa kategori SEO seperti Blackhat SEO, Whitehat SEO / dan terakhir Greyhat SEO. Setiap kategori memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan.

Kategori SEO

Seperti Blackhat yang selalu melakukan tindakan yang membahayakan, Blackhat SEO juga dilakukan untuk mempercepat menaikan peringkat sebuah website di Search Engine, namun teknik ini bisa berdampak fatal karena bisa menyebabkan Google Sand Box yang mengakibatkan website tidak terindex mesin pencari.

Sedangkan Whitehat SEO yang melakukan sebuah teknik yang natural dan relevan dalam meningkatkan peringkat sebuah website di Search Engine dan teknik inilah yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan peringkat sebuah website di mesin pencari.

Dan terakhir ada yang namanya Greyhat SEO yang merupakan gabungan dari kedua teknik sebelumnya yang berguna untuk meningkatkan peringkat website. Untuk Greyhat SEO sendiri memiliki kombinasi yaitu 50% dari masing-masing teknik sebelumnya. Tetapi tekni SEO ini memiliki Resiko yang bisa berdampak ke Website Anda.

Ilmu SEO

Ilmu mengenai SEO itu penting dan jangan dilupakan, karena ilmu ini merupakan ilmu yang paling mahal dan berjangka panjang. Ibaratkan kita memasak sayur tanpa garam maka terasa hambar sekali.

Begitu juga konten, kalau tanpa SEO maka akan sulit bertahan lama, Menurut fakta yang ada seorang ahli marketing saja bergantung terhadap SEO seperti optimasi tag heading dan juga strategi internal linking.

Apa itu SEO dan manfaatnya
Ilmu SEO
Ilmu SEO terdapat bebagai macam cara atau teknik optimasi, mulai dari Teknik Optimasi Onpage dan juga Offpage yang masing-masing memiliki tekniknya tersendiri. Pada Postingan berikutnya saya akan posting mengenai Pengertian SEO Onpage dan Juga Pengertian SEO Offpage.

Teknik SEO tidak bisa kita dapatkan di jenjang pendidikan formal. Ilmu SEO di dapatkan secara sendiri atau belajar otodidak melalui praktek dan juga berkelanjutan maksudnya update teknik terbaru, dan juga perubahan yang terjadi di SEO sesuai peraturan terbaru oleh Google (Google Panda Algorithm, Google Penguin Algorithm, Google Hummingbird Algorithm, dll).

Kenapa belajar SEO harus dengan google yang jadi patokannya? Ya karena Google memiliki yang pengguna lebih banyak dari 90% jika dibandingkan dengan Search Engine lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex di Indonesia.

Google hampir menguasai mayoritas mesin pencarian di seluruh dunia kecuali China. Dimana dengan mengakusisi banyak website dan OS seperti Android, pastinya mesin pencari Google tetap akan digunakan sebagai Search Engine yang utama.

Manfaat SEO

Setelah mengetahui apa itu SEO, maka sekarang akan membahasa mengenai manfaat SEO untuk Website. Teknik SEO memiliki banyak sekali manfaatnya dan kebanyakan memiliki dampak positif bagi para pemilik sebuah blog atau website. Dampaknya sendiri tergantung dari tujuan website tersebut.
Manfaat SEO untuk Blog
Manfaat SEO
Misalkan sebuah website affiliate marketing jika menggunakan SEO akan meningkatkan pendapatannya sama halnya dengan blog yang akan mendatangkan pengunjung dam akan terus kembali ke blog anda karena sudah memiliki keunikannya tersendiri.

Berikut manfaat lainnya bila SEO digabung dengan website atau blog:
  • Pelanggan berdatangan ke website anda
  • Website menjadi kebanjiran dengan pengunjung tertarget berdasarkan kata kunci
  • Cache penulusuran di Search Engine menjadi yang paling utama
  • Secara tidak langsung meningkatkan pendapatan anda sebagai Publisher iklan
  • Bisnis semakin berkembang 
  • Produk semakin banyak terjual
  • Adanya feedback ke website affiliate produk
  • Dan masih banyak lagi
Sampai sekarang algoritma Search Engine Google terus berkembang agar membuat nilai relevan dan kenyaman dari user pun ditingkatkan. Hal inilah yang menyebabkan pemilik sebuah website harus bisa menggunakan terknik SEO agar Websitenya tidak tersingkirkan oleh Mesin Pencarian.

Tips dari saya jangan sekali-kali menggunakan teknik SEO yang bisa membahayakan website atau blog anda gunakanlah teknik yang baik dan benar. Dan lakukanlah Update sekali-kali agar website anda bertahan. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda.

Load comments