Friday, December 28, 2018

Pengertian Google Site Link dan Fungsinya

Pernahkah kalian melihat sebuah link ketika melakukan pencarian suatu website atau blog dan melihat ada link di bawahnya? Jika iya , itu adalah yang namanya Site Link atau biasa di sebuat google site link. Lalu apa pengertian google site links ini?

Bagi kalian yang baru memasuki dunia blogging pasti kebingungan akan tetapi orang yang sudah lama di dunia blogging pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya site link ini bahkan ada juga yang blognya sudah mendapatkan site link.
Pengertian Google Site Link
Google Site Link
Nah pada artikel ini saya akan membahas mengenai pengertian dan fungsi dari google site link bagi kalian yang masih belum tau apa google site link itu. Karena masih awam mengenai google site links ini.

Pengertian Google Site Link

Google Site Links adalah sekumpulan link yang terdapat pada hasil pencarian search engine Google yang ada di bawah link blog atau situs tertentu. Link tersebut merupakan link yang mengarah ke situs dari website tersebut bukan sebaliknya yaitu link yang mengarah ke situs lainnya, sehingga dengan adanya itu bisa memberikan suatu kemudahan untuk para pengunjung blog kita. Jika belum paham bisa lihat contoh pada gambar berikut ini :
Pengertian Google Site Links dan Fungsinya
Contoh Site Link
Di dalam gambar tersebut terdapat link utama blog saya dan di bawahnya terdapat 4 site link yang di berikan oleh google memang site link tergantung dari pemberian oleh google ada yang di beri mulai dari 2 site link sampai 6 tergantung kualitas dari blog atau website yang anda miliki.

Fungsi dari Google Site Link

Menurut pandangan saya google site link memiliki 2 fungsi yaitu untuk admin atau pemilik blog dan juga untuk client atau pengunjung situs.

1. Admin atau pemilik

Site Link bermanfaat sebagai alat penambah trafik otomatis karena biasanya site link berisi link yang memiliki kredibilitas atau kualitas yang tinggi sebab si pengunjung biasanya agak tertarik untuk mengklik link tersebut. Dan juga dengan adanya site link bisa menandakan bahwa blog tersebut berkualitas.

Baca juga : Cara membuat artikel yang berkualitas baik


2. Pengunjung atau visitors

Kalau untuk para pembaca silahkan baca ulasan dari Google ini : "The links shown below some of Google's search results, called sitelinks, are meant to help users navigate your site. Our systems analyze the link structure of your site to find shortcuts that will save users time and allow them to quickly find the information they're looking for."

Jika diartikan, kira-kira jadi seperti ini : "Link yang muncul dibawah beberapa hasil pencarian Google, disebut sitelinks, dimaksudkan untuk membantu pengguna dalam menavigasikan situs anda. Sistem kita menganalisis struktur link dari situs anda untuk mencari jalan pendek yang bisa mnyelamatkan waktu pengguna dan memperbolehkan mereka untuk menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat."

Baca juga : Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog

Jadi, yang dapat kita simpulkan adalah Google Sitelinks dapat menghemat waktu pengguna untuk mencari informasi yang dicari dengan cepat.

Manfaat dari Google Site Link

Setelah saya memberikan penjelasan mengenai pengertian sitelinks dan fungsi sitelinks di atas tadi. Selanjutnya saya akan memberikan penjelasan yang terakhir yaitu manfaat dari Google sitelinks. Menurut saya google site link memiliki 4 Manfaatnya Yaitu :

1. Menunjukan bahwa blog berkualitas

Maksudnya seperti yang saya jelaskan di atas bahwa jika ada sebuah blog yang memiliki site link maka blog tersebut berkualitas karena kualitas berbanding jauh dengan kuantitas. Kualitas tersebut dapat dilihat dari sisi konten blog dan lain-lain, seperti penggunaan template atau tema yang baik, semua artikel sudah terindex dengan benar di halaman google dan masih banyak lagi. Sehingga dengan begitu pengunjung memiliki suatu kepercayaan yang tinggi pada blog atau website tersebut.

Baca juga : Cara agar semua postingan terindex oleh Google

2. Meningkatkan Trafik Blog Anda

Memang seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa Site Link bermanfaat sebagai alat penambah trafik ke blog kita melalui link tersebut. Karena jika kita telah mendapatkan kepercayaan maka mudah bagi kita untuk mendapatkan pengunjung.

3. Peringkat Blog berada di pertama

Jika blog kita terdapat site link sudah bisa di pastikan bahwa blog kita berada di peringkat pertama dalam mesin pencarian google atau SERP (Search Engine Result Page), karena salah satu syarat blog atau website bisa mendapatkan sitelinks yaitu harus menempati posisi pertama terlebih dahulu di mesin pencari. Sehingga jika blog kalian sudah berada di posisi pertama maka kemungkinan besar blog kalian bisa mendapatkan sitelinks.

Baca juga : Tips Agar postingan bisa SERP


4. Membantu SEO blog Anda

Ini adalah salah satu dari manfaat Site Link yaitu meningkatkan SEO yang ada pada blog kita. Karena bisa menambah Inbound Link yang ada di blog kita dan bisa mendorong si artikel yang di tuju untuk menjadi lebih SERP.


Cara Mendapatkan Site Links

Sebenarnya tidak ada cara yang pasti karena seperti yang saya sebutkan site link merupakan pemberian oleh google jadi saran saya adalah buatlah sebuah blog yang berkualitas dan juga jangan membuat blog yang berisi artikel copas karena bisa membahayakan blog yang anda miliki.

Jadi kesimpulannya adalah buatlah artikel semenarik mungkin dan juga jangan lupakan SEO karena ini penting. Sitelinks itu otomatis. Maksudnya, Google hanya akan memberikannya otomatis jika menurut google pantas.

Load comments