Tuesday, June 5, 2018

Cara Memilih Topik atau Ninche yang Tepat untuk Blog

Salah dalam menentukan topik akan menyebabkan blog anda susah berkembang. Ini sering dialami oleh kebanyakan blogger pemula sehingga mereka harus mengulang lagi dari awal.

Kebanyakan dari mereka tidak bertahan selama lebih dari 1-3 bulan pertama pada awal pembuatan blog karena, Pengunjung yang sepi atau malas membuat artikel. Padahal masa-masa itu merupakan tahap pembentukan pondasi dari blog kita.
cara memilih topik atau ninche yang tepat untuk blog
memilih topik
Topik atau ninche sering diabaikan oleh blogger pemula, Padahal Topik atau ninche merupakan hal paling penting dalam membuat sebuah blog.

Misalkan.......

Jika Anda menyempatkan membaca 3 website perhari.

Apakah anda akan membuka website yang memiliki konten artikel yang menarik atau website yang memiliki konten artikel yang asal-asalan.

Pasti anda memilih yang pertama bukan?....

Seperti pada postingan sebelumnya Kuncinya adalah Anda HARUS bisa membuat konten BLOG yang lebih menarik daripada orang lain.

Cara memilih Topik Konten yang baik adalah :

1. Topik yang paling anda minati/kuasai dan juga di anggap menarik oleh banyak orang.

Pertama merupakan hal paling penting karena jika Anda membuat sebuah konten artikel yang paling diminati Anda dan orang lain maka Anda dalam pembuatan sebuah artikel tidak akan memiliki kesulitan.

Misalkan........

Anda memiliki minat dalam dunia desain tetapi anda malah membuat sebuah artikel mengenai photograpy. Maka anda telah salah dalam mengambil keputusan.

Kalau anda salah memilih topik yang tidak anda mengerti, akibatnya:

1. Membuat konten rasanya jadi berat
2. Konten yang sudah dibuat jadi tidak berkualitas
3. Anda akan mudah bosan

Coba saja gunakan logika kita. Jika kita tidak tertarik atau minat terhadap suatu topik dan tidak mengetahui mengenai topik tersebut, Apakah mungkin kita bisa mengajarkan topik tersebut keorang lain?

Itu sangat sulit sekali, apalagi untuk pemula.

Untuk mencari topik yang dijamin populer silahkan kunjungi cara mencari topik populer untuk blog

2. Fokus pada satu topik

cara memilih topik atau ninche yang tepat untuk blog
FOKUS
Selanjutnya adalah fokus.....

Kenapa harus fokus?

Jika Anda membuat sebuah topik yang campur aduk atau gado-gado maka anda akan kesulitan dalam membuat konten artikel tersebut. Kemungkinan Anda akan menyerah di tengah jalan karena tidak memilki ide untuk membuat sebuah artikel. Dikarenakan konten anda yang gado-gado atau campur aduk.

Hal ini sudah terbukti dari kebanyakan blogger pemula karena mereka sudah tidak bisa lagi membuat sebuah artikel di karena kan topik atau ninche yang campur-aduk.

Untuk menghindari hal itu kita harus fokus pada satu ninche atau topik saja agar kegagalan bisa terhindari.

Tips Membuat blog: “Sedia Payung Sebelum Hujan”

Maksudnya adalah ketika anda gagal membuat sebuah rencana berarti anda merencanakan sebuah kegagalan.

Contoh jika anda memiliki minat terhadap programming anda harus membuat sebuah artikel mengenai programming dan tidak boleh melenceng dari topik tersebut.

Dulu saya pernah membuat sebuah topik yang gado-gado atau campur tetapi setelah saya menjalani blog tersebut selama lebih dari 3 bulan pertama, Akibatnya…konten yang saya buat kualitasnya sangat rendah. Setiap kali menulis konten, rasanya stress. Akhirnya blog terbengkalai tanpa mendapatkan pengunjung sama sekali.

Jadi, jangan pilih topik yang tidak menarik bagi anda.

3. Jenis konten yang akan dibuat

Maksud jenis konten disini adalah konten yang anda buat merupakan sebuah konten legenda atau konten news/berita.

Apa itu konten legenda?

Artinya konten yang akan selalu diperlukan oleh orang lain dan tidak akan padam meskipun tidak terlalu populer maksudnya adalah konten tersebut akan tetap di cari banyak orang namun saingannya sangat banyak.

Kebanyakan konten legenda merupakan sebuah konten yang banyak manfaatnya.

Contoh konten legenda adalah Artikel yang menjelaskan sesuatu atau artikel yang berisi tutorial. Blog personal juga merupakan salah satu konten legenda.

Selanjutnya adalah konten news/berita?

Maksudnya konten yang berfokus terhadap berita baru atau terupdate. Namun kelemahannya adalah Anda harus membuat sebuah artikel setiap hari dan juga jika anda membuat sebuah konten berita yang sama dengan Blog atau website lain anda akan kalah saingan karena rata-rata yang membuat konten berita adalah website-website besar seperti BBC, Tribun News, Dan masih banyak lagi.

Jika anda masih bingung silahkan baca Konten Legenda atau News?

4. Jangan membuat konten yang mengundang permasalahan hukum

cara memilih topik atau ninche yang tepat untuk blog
Permasalan Hukum
Kalau anda ingin serius blogging untuk jangka panjang, jangan pilih topik yang mengundang permasalahan hukum. Misalnya menyediakan lagu MP3, download film, konten dewasa, dan sejenisnya.

Kebanyakan sebuah blog yang hosted atau menumpang sering di banned karena gara-gara melanggar peraturan yang telah disediakan. Jika anda masih bersih keras ingin memilih konten ini sebaiknya anda membuat blog yang self-hosted artinya milik anda sepenuhnya, tetapi tidak menjamin akan aman dari banned karena jika ada yang mengklaim atau mereport anda akan kerepotan.

Topik mana yang bisa menghasilkan uang?

Berdasarkan survey yang saya lakukan, kebanyakan orang ngeblog sebagian besarnya itu ingin mendapatkan penghasilan dari blog (mendapatkan uang).

Betul memang blog bisa menjadi sumber uang.

Tetapi ada 1 mitos legendaris yang mengatakan bahwa hanya blog dalam topik tertentu yang bisa mendapatkan penghasilan besar. Itu tidak benar, karena semua topik bisa menghasilkan uang. Asalkan konten yang anda buat mampu menarik minat banyak orang. Topik apapun bisa dibuat menjadi blog untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan blog yang isinya diary atau juga komedi.

Ini merupakan pengalaman pribadi :

2 tahun lalu saya membuat blog dalam topik desain grafis, karena topik ini bisa mendapatkan banyak uang dari iklan.

Padahal saya sama sekali tidak tertarik dengan desain grafis.
Pada akhirnya artikel yang saya buat kualitasnya sangat rendah. setiap kali saya menulis artikel rasanya stress seperti di kejar target postingan. Akibatnya blog terbengkalai tanpa mendapatkan pengunjung sama sekali.

Jadi saran saya jangan memilih konten yang tidak anda minati karena jika tidak anda akan merasakan aapa yang saya alami.

Baca juga : Niche paling banyak menghasilkan pendapatan

Setelah anda menentukan topik apa yang akan di bahas silahkan baca cara membuat artikel yang baik jika anda tidak sempat membacanya sekarang, silahkan bookmark halaman ini dan kembali lain kali.

Load comments